.
Pengembangan Media

Ups! Aduh Salah Kirim Email…

Di era web 2.0 saat ini, kondisi seperti lirik lagu Vina Panduwinata  ‘Menunggu pak pos membawa  sepucuk surat yang manis…’ mungkin tidak akan tepat.  Ketika tingkat urgensitas semakin tinggi, ‘cepat’ adalah hal yang paling diinginkan. Segala pekerjaan diusahakan dilakukan cepat sesuai rencana. Namun untuk bisa melakukan itu, tentunya pesan, informasi dan segala bentuk komunikasi  juga harus dilakukan dengan cepat.

Ketika email muncul, keberadaannya menjadi sangat penting, terutama di perkantoran. Tidak hanya pesan bisa diterima saat itu juga, namun archive surat-menyurat dari setahun lalu bisa di-track dengan cepat tanpa ribet. Sayangnya, urusan ‘cepat’ ini membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. We cannot be careless. Terutama untuk mereka yang pekerjaannya selalu berhubungan dengan klien. Dalam hitungan detik kita mengirim email, dalam detik yang sama klien akan menerima email kita. Salah tulis nama atau salah kirim email? Ups, Hati-hati.. Guillotine bisa jadi telah menunggu.

Untungnya, Google Mail telah menciptakan Google Undo Send. SpAcer mungkin sudah tahu tentang hal ini. Tapi perkembangan terbarunya  adalah, kita bisa merubah default setting Undo Send.   Jika dulu setting default-nya adalah 5 detik, kini kamu bisa ‘undo email’ yang tidak sengaja kamu kirimkan sampai dengan 30 detik setelah email dikirimkan.

Selain mengatasi kesalahan tulis pada email yang bisa terjadi, Google Undo Send juga membantu kita untuk tidak mengirim email berulang-ulang jika tiba-tiba kita ingat bahwa ada pesan-pesan yang terlewat di email yang akan dikirimkan. Intinya, this is a live guard for us. Cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah.

How?

  1. Klik Setting di Menu Google Mail kamu. (letaknya di kiri atas)
  2. Pastikan kamu telah ‘check mark’ fitur Enabled Undo Send.
  3. Lalu klik drop-down menu untuk menyesuaikan waktu Undo Send. Pilihannya dari  5, 10, 20 sampai 30 detik yang bisa jadi penyelamat ‘nyawa’ kamu.

Jadi, kalau tiba-tiba ada kejadian “Ups! Aduh, salah kirim email…”, setidaknya fitur ini membantu kamu meng-cancel, melakukan revisi dan mengirim kembali tanpa ada yang perlu tahu kalau kamu sempat salah. ;)

Source: http://www.geeksugar.com/Gmail-Undo-Send-Email-Feature-11515638, http://www.acerid.com/2010/11/ups-aduh-salah-kirim-email/

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

%d blogger menyukai ini: