.
HIV/AIDS, Humanitarian Services, Kesehatan Publik, Remaja

Awas, AIDS Mengintai Generasi Muda!!!

Bagi yang berusia muda, atau orang tua yang memiliki anak berusia muda, anda harus lebih berhati-hati dalam pergaulan dan mengawasi pergaulan anak anda. Pasalnya, bahaya HIV/AIDS kini banyak mengintai kalangan yang berusia 25 tahun ke bawah. Jumlah ODHA di kalangan ini melesat naik akibat penggunaan jarum suntik bergantian, mengalahkan pengidap penyakit yang menghilangkan kekebalan tubuh melalui penularan lewat hubungan seksual.
Fenomena baru ini, tak lepas dari semakin meningkatnya gaya hidup menggunakan narkoba yang dijalani oleh para muda-mudi. Sejak awal tahun 2000, seks bebas tidak lagi menjadi musuh nomor satu dalam penularan Virus HIV. “Trennya melalui jarum suntik. Akibatnya, yang tertular HIV adalah orang-orang berusia muda. Karena golongan ini yang paling banyak menggunakan jarum suntik secara bergantian,” kata Wakil Ketua Yayasan Pelita Ilmu Husein Habsyi di Jakarta.
Berdasarkan data Departemen Kesehatan hingga Juni 2008, ada 12.686 kasus HIV/AIDS di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 50 persen atau 6.782 kasus terjadi pada usia 20-29 tahun. Kedua terbanyak—3.539 kasus—terjadi pada usia 30-39 tahun, dan ada 429 kasus pada usia 15-19 tahun. Menurut Ketua Forum LSM Peduli AIDS se-Jabodetabek Imam Mulyadi, di Jakarta saja proporsi peningkatan kasus HIV/AIDS paling banyak memang lewat penggunaan jarum suntik secara bergantian.
Dari 3.123 kasus di Jakarta, sebanyak 2.278 kasus—atau sekitar 73 persen—karena Injection Drug User (IDU). Maka itu, banyak anak muda harus dilindungi dari… BACA LEBIH LENGKAP

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

%d blogger menyukai ini: